OLAHRAGA

Ekstrakurikuler atau ekskul merupakan program tambahan dari sekolah untuk memberi wadah bagi para murid dalam menunjukkan bakat. Tentu di sekolah ada beberapa jenis ekskul, seperti olahraga, kesenian, musik, dan seni peran. Namun, jika bicara ekskul bidang olahraga SMKN 1 Trenggalek memiliki beberapa cabang ekskul olahraga diantaranya:

  1. Basket

Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket dapat di lapangan terbuka, walaupun pertandingan profesional pada umumnya dilakukan di ruang tertutup. Lapangan pertandingan yang diperlukan juga relatif tidak besar, misal dibandingkan dengan sepak bola. Selain itu, permainan bola basket juga lebih kompetitif karena tempo permainan cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga bola yang lain, seperti voli dan sepak bola.

Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain di Amerika SelatanEropa SelatanLithuania, dan juga di Indonesia. Banyak kompetisi bola basket yang diselenggarakan setiap tahun, seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, dan Indonesia Basketball League (IBL) di Indonesia.

  1. Voly

Bola voli (bahasa Inggrisvolleyball) adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia, olahraga bola Voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

  1. Futsal

Futsal adolah permainan bola nan dimainan dek duo tim, nan masiang-masiang ado limo urang. Tujuannyo adolah untuak mamasuakkan bola ka gawang lawan, jo caro mamanipulasi bola mamakai kaki. Salain limo pamain utamo, satiok tim juo diizinkan malatakkan pamain cadangan. Indak mirip jo pamainan sepak bola dalam ruangan nan lainnyo, lapangan futsal dibatehan dek garis, bukan net atau papan.

Futsal juo dikenal jo babagai namo nan lain. Istilah “futsal” adolah istilah internasional, nan barasa dari kato Spanyol atau Portugisfutbol jo sala.

64 views