TITL

Nama Lengkap

:

Bambang H, ST

NIP

:

197806182011011006

TTL

:

1978-06-18

Alamat

:

Kendalrejo - Durenan

Jabatan

:

Kaprogli TITL

Nama Lengkap

:

Joko Suwito Utomo, ST

NIP

:

197603222008011006

TTL

:

1976-03-22

Alamat

:

Gandusari - Trenggalek

Jabatan

:

 Kabeng TITL

TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

Program Teknik Instalasi Tenaga Listrik  (TITL) adalah kompetensi keahlian dari Program Ketenagalistrikan dibawah naungan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa. Kompetensi yang diharapkan setelah menyelesaikan studi di TITL adalah:

  1. Merancang, memasang, dan mengispeksi Instalasi rumah tinggal bangunan sederhana
  2. Merancang, memasang, dan menginspeksi instalasi bangunan bertingkat
  3. Merancang, memasang dan menginspeksi rankaian kontrol motor listrik dan instrumen
  4. Merancang, memasang, dan menginspeksi Instalasi kontrol terprogram (programable logic controller)
  5. Merancang, memasang, dan mengispeksi Instalasi rumah pintar (smart home)

Peluang Kerja untuk Lulusan SMK Jurusan TITL

Peluang kerja apa saja yang saat ini tersedia untuk lulusan SMK jurusan teknik listrik tersebut? Bukan hanya pekerjaan yang berkaitan dengan kelistrikan saja, ternyata ada beberapa pekerjaan umum yang juga bisa dijajal oleh lulusan SMK jurusan TITL. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa peluang pekerjaan tersebut. 

1. Teknisi Listrik

Menjadi seorang teknisi listrik bisa disebut sebagai salah satu pekerjaan yang paling cocok untuk lulusan SMK jurusan TITL. Dengan kemampuan menggambar dan merangkai listrik serta memecahkan masalah-masalah terkait dengan listrik, kamu bisa menjadi teknisi listrik yang handal di berbagai perusahaan.

2. Petugas Pemasangan dan Pemeliharaan Kabel Listrik

Salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan TITL adalah menjadi seorang petugas pemasangan serta pemeliharaan kabel listrik. Pekerjaan ini menawarkan gaji yang cukup menjanjikan yaitu kisaran Rp 5 jutaan per bulan. Jadi, selain sesuai dengan jurusan, kamu juga bisa mendapatkan pendapatan yang lumayan dengan profesi ini.

3. Operator Produksi

Saat ini banyak perusahaan industri yang membutuhkan operator produksi dengan kualifikasi lulusan SMK terutama jurusan listrik. Jika kamu ingin bekerja di dunia industri dengan pendapatan yang juga tak kalah menjanjikan, menjadi operator produksi menjadi sebuah pilihan yang tepat. Umumnya pekerjaan operator produksi meliputi kegiatan produksi setiap harinya.

4. Teknisi Service

Jika kamu mengetahui pengetahun umum terkait listrik dan berasal dari jurusan tekni listrik atau elektro, menjadi seorang teknisi service bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam hal ini, kamu bisa menjadi teknisi service AC atau service barang elektronik lainnya. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan secara full time atau sebagai sampingan.

5. Mechanical Engineer

Ini adalah salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan listrik atau mesin. Pekerjaan ini juga tidak ditawarkan sebatas perusahaan mesin saja. Berbagai bidang industri saat ini atau bahkan perkantoran milik pemerintah juga membutuhkan lulusan SMK dengan jurusan listrik untuk mengisi lowongan pekerjaan ini.

6. Teknisi Fire Alarm dan Hydrant

Pekerjaan yang satu ini juga umumnya membutuhkan lulusan SMK dengan jurusan listrik. Selain itu, biasanya pengalaman dalam hal perawatan dan perbaikan sistem fire alarm dan hydrant juga menjadi nilai plus. Umumnya tugas yang dilakukan dalam pekerjaan ini meliputi penanganan trouble shooting pada fire alarm dan hydrant.

7. Pengusaha di Bidang Listrik

Dan yang kalah menarik adalah menjadi seorang pengusaha. Dalam hal ini kamu bisa membuka usaha yang berhubungan dengan teknik listrik. Kamu bisa membuka jasa instalasi listrik atau jasa perbaikan peralatan elektronik sendiri di rumah. Selain itu, ada banyak jenis usaha lain yang bisa kamu pertimbangkan.

Guru Pengajar Program Keahlian TITL

1. Drs. Suhardiyono

2. Imam Turmudi

3. Siswanto, S.Pd

4. Joko Suwito Utomo, S.T

5. Budi Cahyo Utomo, S.T

6. Jumali, S.T

7. Bagus Prasetyo, S.T

72 views