SMK NEGERI 1 TRENGGALEK SATU-SATUNYA SMK DI KABUPATEN TRENGGALEK YANG SIAP BLUD TAHUN 2021

Senin tanggal 15 Maret 2021 Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT berkunjung ke SMK Negeri 1 Trenggalek. Kunjungan ini didampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK), Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK), segenap rombongan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur serta didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Tulungagung.
Di halaman depan SMK Negeri 1 Trenggalek Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur beserta rombongan di sambut dengan yel-yel SMK Negeri 1 Trenggalek yang diperagakan oleh paskas (pasukan khas) siswa- siswi SMK Negeri 1 Trenggalek. Selain itu tim paskas dipercaya untuk melayani protocol kesehatan diantaranya pemeriksaan suhu badan dan pemberian/penyemprotan handsanitizer.

Beberapa rangkaian kegiatan kunjungan kegiatan Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T yaitu Pembinaan Kepala SMA, SMK, PKPLK Negeri/ Swasta se- Kabupaten Trenggalek bertempat di ruang Sasana Wiyata Mandala SMK Negeri 1 Trenggalek. Kemudian dilanjutkan dengan mengujungi workshop/bengkel Teknik Pemesinan, Teaching Factory Bina Mitra Usaha (Tefa APHP dan TBSM), workshop/bengkel Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, workshop/bengkel Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, workshop/bengkel Teknik Otomasi Industri, workshop/bengkel Teknik Instalasi Tenaga Listrik, kemudian menuju Café Literasi dan Perpustakaan SMK Negeri 1 Trenggalek.

Dalam kunjungan ke workshop dan Teaching Factory juga berlangsung talkshow yang merupakan rangkaian kegiatan talkshow Jatim Cerdas dimana talkshow yang utama di laksanakan di dalam perpustakaan SMK Negeri 1 Trenggalek.

Pada saat talkshow diperpustakaan SMK Negeri 1 Trenggalek, Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT, mengapresiasi keberhasilan perpustakaan SMK Negeri 1 Trenggalek pada tahun 2020 dapat meraih Juara 1 tingkat Provinsi Jawa Timur dan terakreditasi A, sehingga pada tahun yang sama mewakili Provinsi Jawa Tmur untuk lomba perpustakaan tingkat Nasional dan mendapatkan Juara 3 Nasional tahun 2020. Hal ini Ibu Suharyati, M.Pd selaku Kepala SMK Negeri 1 Trenggalek menjelaskan dalam talkshow Jatim Cerdas keberhasilan ini karena inovas-inovasi dari tim pengelola perpustakaan SMK Negeri 1 Trenggalek yang kreatif. Diantaranya adalah perpustakaan sudah terotomasi, desain ruangan minimalis sesuai dengan selera anak milenial, penyimpanan buku pada almari besi, pojok baca baik pojok kelas, pojok baca jurusan dan pojok baca ditempat-tempat strategis lainnya seperti pojok baca diruang tu, pojok baca di ruang waka, pojok baca di ruang bp dan juga pojok baca diruang kepala sekolah, kotak infak buku, dropbooks, tong buku, meja dan kursi baca dari tong, keranjang buku, sepeda buku keliling / sebuling, pohon barcode, rumah pohon, gazebo / taman merdeka belajar, pelaksanaan bedah buku, pelaksanaan webinar, drive thru, menu barcode kafe literasi, kafe literasi, aplikasi gobook
Kemudian Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi jawa Timur juga menyaksikan secara langsung hasil visitasi pada kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) karena pada hari yang sama juga berlangsung visitasi dari MPM Honda (Mitra Pinasthika Mustika ) Sidoarjo untuk kelas Indsutri TBSM, dan hasil visitasi dari MPM menyatakan bahwa TBSM SMK Negeri 1 Trenggalek mendapatkan predikat A+. Sebelum berkunjung workshop TBSM Bapak Kepala Dinas juga berkunjung ke teaching faktori TBSM dimana pada saat itu ada kegiatan rutinitas sercive gratis bekerja sama dengan MPM Honda Tulungagung.
Dari kunjungan ini Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T, menyarankan SMK Negeri 1 Trenggalek diharapkan menuju Sekolah BLUD, karena pembelajaran sudah berbasis TEFA bearti pada masing-masing kompetensi keahlian sudah mempunyai bidang usaha. Untuk BLUD Ibu Suharyati, M.Pd menjelaskan bahwa SMK Negeri 1 Trenggalek sudah mengajukan proposal tahun lalu (2020), dan Isya Alloh pada tahun ini (2021) hasil verifikasi tim dari Provinsi Jawa Timur SMK Negeri 1 Trenggalek masuk 8 besar SMK yang lolos proposal menuju BLUD. (ts-ttn-radar trenggalek)

30 views
30 views