PROFIL TEKNIK OTOMASI INDUSTRI (TOI)

Kopetensi keahlian Teknik Otomasi Industri (TOI) merupakan Bidang Keahlian Teknologi Dan Rekayasa, Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan. TOI Merupakan disiplin ilmu yang mempelajari otomatisasi perangkat/sistem. Pemanfaatan sistem kontrol seperti halnya komputer yang digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin industri dan kontrol proses untuk menggantikan operator tenaga manusia.

Kopetensi keahlian Teknik Otomasi Industri berbeda dengan kopetensi keahlian yang lain dimana yang lain ditempuh selama 3 tahun, namun TOI ditempuuh dengan 4 tahun, lulusan TOI sendiri setara dengan D1.  materi yang dipelajari di kopetensi keahlian TOI antara lain, Gambar Teknik, Dasar Listrik dan Elektronika, Pekerjaan Dasar Mekanik yang dipelajari di kelas X, pelajaran Sistem Kontrol Elektropneumatik, Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik, Sistem Kontrol Terprogram dan Piranti Sensor dan Aktuator yang dipelajari di Kelas XI, XII, XIII. Dimana siswa dalam proses pembelajaran diajari tentang pemrograman-pemrograman yang digunakan diindustri, seperti Elektropneumatik, PLC, Smart Relay, Mikrokontroller, selain pemrograman-pemrograman TOI juga diajarkan tenatang Sistem Kontrol.

    

Guru Pengajar Teknik Otomasi Industri (TOI)

  1. Budi Cahyo Utomo, S.T selaku  ketua program keahlian TOI
  2. Suhardiyono selaku kepala bengkel program keahlian TOI
  3. Condro Rahadi Saputro, S.T
  4. Fambayun Lelyana, S.T
  5. Bagus Prasetya, S.T
  6. Jumali, S.T
  7. Filla Fidyanasari, S.Pd.
  8. Yoga, S.Pd

Prospek Kerja Lulusan Teknik Otomasi Industri

Adapun prospek kerja untuk lulusan Teknik Otomasi Industri diantaranya:

Perusahaan manufaktur

Pada perusahaan manufaktur memang membutuhkan banyak jenis mesin otomatis untuk menunjang kegiatan usaha tersebut dalam melakukan pembuatan produk. Karena itu seorang lulusan teknik otomasi industri sangat dibutuhkan oleh perusahaan manufaktur. Apalagi saat ini fenomena yang berkembang semakin banyak usaha manufaktur dengan menggunakan mesin canggih tentu hal ini membuka lapangan pekerjaan yang juga jauh lebih luas bagi lulusan teknik otomasi industri.

Perusahaan pembangkit listrik

Anda yang telah lulus juga dapat bekerja pada perusahaan – perusahaan terkait pembangkit listrik misalkan seperti PLN. Disana terus dilakukan upaya – upaya pengembangan sistem dan juga mesin – mesin yang baik dalam memproduksi listrik. Tentunya aspek yang satu ini akan membuat mesin – mesin saat ini perlu otomasi agar dapat bekerja lebih baik dan efisien dan dalam hal ini peran seorang lulusan teknik otomasi industri sangat dibutuhkan.

Perusahaan minyak gas dan pertambangan

Lulusan teknik memang memiliki peluang kerja pada berbagai perusahaan pertambangan minyak dan gas yang membutuhkan mesin – mesin dengan teknologi tinggi. Anda juga dapat bekerja sebagai seorang engineer atau seorang maintenance pada perusahaan yang berkaitan tersebut.

Akademik

Jika memang Anda merasa mampu menularkan ilmu akademik yang Anda miliki ada baiknya juga Anda lanjutkan gelar S2 dan berproses menjadi seorang dosen karena akan memberikan banyak pengalaman dan manfaat untuk Anda.

Pemerintahan

Anda juga dapat bekerja pada berbagai macam instansi pemerintahan terkait yang sesuai dengan kompetensi yang Anda miliki. Dan jika Anda punya kemampuan dalam teknik otomasi industri maka bergabung dengan kementrian ESDM, pekerjaan umum dan sejenisnya akan sangat cocok untuk Anda.