Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) di SMKN 1 Trenggalek

Dalam rangka perbaikan kualitas sekolah sehingga menjadi sekolah bermutu maka diperlukan kepala sekolah yang professional. Untuk mendapatkan  kepala sekolah professional maka diadakan penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) setiap tahunnya.

Kepala sekolah yang profesional mampu merumuskan mutu lulusan yang ideal untuk satuan pendidikan yang dipimpinnnya. Dan, keunggulan profesinya ditentukan dengan kesanggupan untuk mewujudkan cita-cita terbaik sekolahya.

 

Penilaian Kepala Sekolah merupakan bentuk pengujian untuk mengetahui kapasitas pengetahuan kepala sekolah, terutama  kompetensi pedagogis dan profesional sebagai guru, serta kompetensi manajerial dan supervisi  sebagai kepala sekolah. Asumsi yang mendasari pengujian ini ialah kepala sekolah yang profesional memiliki pengetahuan dan terampil menerapkan pengetahuan yang dimilikinya dalam pelaksanaan tugas sebagai guru dan sebagai kepala sekolah yang berperan untuk membantu memecahkan masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran.

Penilaian kinerja merupakan  proses pengumpulan informasi, data, dan fakta otentik tentang kapasitas kepala sekolah dalam memenuhi standar pada tiap unsur pelaksanaan tugas dan fungsinya yang dinilai.  Penilaian kinerja fokus pada fungsi manajerial perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; serta mengukur daya kepemimpinan pembelajaran, dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Pelaksanaan PKKS di SMK Negeri 1 Trengalek hari Selasa, 03 Desember 2019, dengan tim asesor :

  1. Drs. Agus Prayitno, MM selaku ketua
  2. Drs. Sutikno, MM selaku sekretaris
  3. Riris Etikasari, S.Pd selaku anggota

Alhamdulillah pelaksanaan PKKS berjalan dengan lancar. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik dan mendapat pembimbingan yang dapat memperbaiki kinerja kepala sekolah.

Presentasi Kepala Sekolah

 

93 views
93 views