Pendidikan di SMK adalah pendidikan yang memberikan keterampilan softskill dan hardskill kepada siswa sesuai kompetensi keahlian yang dipilihnya, sehingga harapannya lulusan SMK siap untuk kerja. Pada satuan pendidikan SMK terdapat pokja Bursa Kerja Khusus (BKK) yang berada di bawah naungan Waka Hubungan Kerja Industri. BKK inilah yang bertugas melayani dan mendampingi peserta didik dalam proses menyiapkan kariernya setelah lulus SMK. BKK juga menjembatani antara pencari kerja (siswa dan alumni) dengan pencari tenaga kerja (Dunia Usaha dan Dunia Industri. Oleh karena itu BKK SMKN 1 Trenggalek pada hari Senin tanggal 30 September 2019 melaksanakan “Sosialisasi Pelayanan BKK SMKN 1 Trenggalek”. Kegiatan ini bertujuan agar para siswa lebih memahami fungsi dan peranan BKK di sekolah serta SOP mendapatkan layanan BKK. Kegiatan ini diikuti oleh 667 siswa kelas XII SMKN 1 Trenggalek

  

Kegiatan Sosialisasi Pelayanan BKK ini dibuka olah bapak Totok Subiyanto, S.Pd selaku Waka Hubungan Kerja Industri SMKN 1 Trenggalek. Selanjutnya bapak Sudarno selaku Waka Kurikulum memberikan informasi mengenai Ujian Nasional, Ujian Sekolah, Uji Kompetensi Keahlian dan UKK LSP serta syarat mengikuti ujian tersebut dan kriteria kelulusan. Harapannya dengan sosialisasi ini siswa memiliki gambaran rencana sikap dan tindakan yang akan dilakukan agar dapat lulus dari SMKN 1 Trenggalek dengan nilai memusakan.

Setelah mendapatkan informasi tentang syarat kelulusan siswa kelas XII, para siswa mendapat motivasi tentang ajakan untuk semangat mempersipakan diri untuk mencapai sukses dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus SMK. Motivasi ini diberikan oleh Ketua BKK baru SMKN 1 Trenggalek yaitu bapak Drs. Miptah. Selanjutnya kegiatan inti diisi dengan informasi fungsi dan layanan BKK, cara mendapatkan layanan BKK, pemaparan Company Profile  dari perusahaan mitra SMKN 1 Trenggalek serta tanya jawab. Semoga dengan kegiatan ini para siswa dapat dengan mudah mendapatkan layanan BKK dan lebih banyak yang terbantu dalam proses perencanaan kariernya.