Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 event.

UKK dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK akan diperhitungkan sebagai Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan.

Tahun Pelajaran 2018/2019 ini program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) SMKN 1 Trenggalek juga melaksanakan UKK yang diselenggarakan pada tanggal 2-10 April 2019. UKK pada tahun ini UKK TIPTL memilih paket soal 1 dengan tema Instalasi penearangan 1 fasa dan 3 fasa. Dimana siswa dituntut untuk merancang instalasi penerangan¬† PJU, penerangan bangunan sederhana, dan lampu penerangan kamar hotel. Kemudian hari berikutnya siswa dituntut dapat memasang dan mengoperasikan¬†instalasi penerangan¬† PJU, penerangan bangunan sederhana, dan lampu penerangan kamar hotel. Penerangan PJU dengan sensor cahaya “LDR”.

Pada pelaksaan UKK siswa diuji oleh dua penguji, penguji internal yang merupakan guru TIPTL sendiri dan penguji Eksternal dari Dunia Industri. Penguji Eksternal dari PT. Harapan Jaya Sarana Teknik dan Bengkel Dinamo Mifday Trenggalek.

Setiap hari sebelum melakukan unjuk kerja siswa datang menyerahkan hasil perancangannya, kemudian dipersilahkan memakai perlengkapan safety yang telah disediakan, setelah itu berkumpupul dilakukan breafing oleh panitia dan penguji, kemudian foto bersama dan dipersilahkan untuk melakukan unjuk kerja. Disela-sela unjuk kerja siswa dipanggil secara bergantian untuk melakukan uji pengetahuan, setalah siswa selesai mengerjakan soal uji pengetahuan, siswa dipersilahkan kembali melanjutkan unjuk kerja. Setelah selesai melakukan unjuk kerja sebelum mengujikan hasilnya kepenguji tempat kerja harus bersih dan alat dan bahan siswa tertata rapi di tempatnya setelah itu siswa memanggil penguji internal setelah diuji penguji internal, baru penguji eksternal atau sebaliknya.

Pelaksanaan Breafing

Foto Bersama Penguji

Pelaksanaan Unjuk Kerja

Pelaksaan Uji Pengetahuan

Pelaksaan Unjuk Kerja

Suasana Bengkel Saat Unjuk Kerja

Siswa Melaksanakan Pengujian Hasil Sebelum dilakukan Pengujian oleh Penguji Internal maupun Eksternal

Pengujian oleh Penguji Internal

Pengujian Oleh Penguji Eksternal